AJAX

Dengan adanya AJAX, akses data ke server yang dikirim melalui client via web dapat lebih cepat daripada mekanisme biasa.
AJAX tidak perlu melakukan proses loading page (refresh page) atau pindah ke page yang lain dan dapat diintegrasikan dengan server side programming seperti PHP, ASP, JSP, dll.

MEKANISME :
Web client merequest sebuah halaman PHP ke server melalui Javascript. Selanjutnya server akan merespon dan menjalankan script PHP. Script PHP akan menghasilkan respon dalam bentuk XML dan data XML tersebut akan dikirim kan kembali ke web client untuk diolah oleh Javascript. Hasil olahan Javascript tersebut akhirnya akan ditampilkan oleh web client sebagai output tanpa harus merefresh halaman web.
AJAX adalah teknologi terbaru hasil perkawinan antara client side programming (Javascript) dengan server side programming.

HTTP Request dan Dasar-dasar Respon
Standar browser untuk memperoleh informasi dari webserver adalah berbasis pada method “HTTP” berarti browser menggunakan metode untuk mengirimkan request dan menerima respon dari web server.
Sedangkan untuk metode request HTTP yang umum digunakan antara lain POST dan GET. Metode GET sering digunakan untuk merequest sumber tertentu ke web server.

Biasanya GET digunakan untuk mempassing value untuk diproses ke webserver dan selanjutnya value akan di assign ke sebuah variable untuk diproses oleh server
Sedangan POST pada prinsipnya sama dengan GET namun metode ini ideal untuk value yang diperoleh dari isian form halaman web.

XMLHttpRequest :
Merupakan Method Request HTTP yang beroperasi dibelakang layar (tanpa harus merefresh halaman web). Metode ini berwujud suatu objek. Sehingga dalam hal ini AJAX merupakan konsep yang mendeskripsikan interaksi antara XMLHttpRequset (client side object) dengan server script.

XMLHttpRequest memiliki bentuk objek berbeda dalam beberapa browser, sehingga perlu penanganan khusus.
Contoh :

METODE-METODE Pada XMLHttpRequest
Dalam Objek XMLHttpRequest terdapat beberapa metode yang digunakan untuk proses request :

MetodeDeskripsi
abort()Untuk membatalkan Request
open()Untuk melakukan koneksi ke server secara asyn
send()Untuk mengirim request